Senin, 08 Oktober 2012

PESONA MUSLIMAH SEJATI

Begitu banyak manusia memandang kecantikan wanita sebagai pesona dunia. Membuat setiap wanita berlomba-lomba memenuhi kriteria kecantikan yang didambakan. Sayangnya kecantikan yang mereka idam-idamkan hanyalah tampilan fisik belaka. Mereka tidak menyadari bahwa kecantikan fisik itu akan segera memudar. Sadarilah bahwa kecantikan dari dalam yang sering kita kenal dengan istilah "inner beauty" justru lebih penting daripada kecantikan fisik yang menipu. Coba kita renungkan apa guna cantik fisik? jika tidak diimbangi dengan akhlak terpuji. Atau apa guna raut muka nan cantik tetapi banyak insan yang membenci. Oleh karenanya, kecantikan dari dalam memang lebih utama dalam rangka menjaga citra diri seorang muslimah. Hiasilah cantikmu dengan akhlak mulia, pergunakanlah jasadmu untuk hal-hal yang sesuai dengan syariat Islam. Hingga syukur itu terwujud atas dasar rasa terima kasih kepada Sang Pencipta kecantikan.

Kemudian, bagaimanakah cara mewujudkan kecantikan pribadi seorang muslimah???
Mari sahabat kita tengok dan renungi sejenak ciri muslimah yang menawan pribadinya:

1. Cantik atas lisannya

Lisan adalah cermin kepribadian. Allah SWT telah menegaskan bahwa antara ciri hamba-Nya yang baik adalah mereka yang baik ucapannya. Mereka yang tidak geming dengan cacian dan makian. Ketika ada yang jahil terhadap dirinya, mereka tidak membalasnya kecuali dengan perkataan yang baik dan lembut. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Furqan ayat 63, yang artinya: "Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang jahil menyapa mereka, maka mereka mengucapkan kata-kata yang mengandung keselamatan."

Rasulullah SAW pun bersabda: "Termasuk dari kebaikan seorang Islam adalah ketika ia meninggalkan apa-apa yang tidak penting baginya." Hal ini menegaskan bahwasannya muslimah yang baik budinya adalah mereka yang meninggalkan perkataan yang tidak bermanfaat dan sia-sia. Maka dari itu jagalah lisan dari ucapan yang tidak berguna.

Masih terkait dengan penjagaan lisan yaitu, menjauhi perbuatan ghibah. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa perbincangannya dengan seseorang telah menyeretnya ke dalam perbuatan dosa. Tanpa sadar, dalam perbincangan itu telah membicarakan keburukan-keburukan saudaranya yang seharusnya dijaga dan ditutup rapat. Maka dari itu, hendaknya para muslimah berhati-hati dengan ucapannya. Jangan sampai terjatuh dalam perbuatan ghibah yang tercela. Apabila setiap muslimah bisa menjaga lisannya dari mengganggu atau menyakiti orang lain, InsyaAllah mereka akan menjadi seorang muslimah sejati. Rasulullah SAW bersabda: "Seorang muslim sejati adalah bila kaum muslimin lainnya merasa selamat dari gangguan lisan dan tangannya,"

2. Cantik Matanya

Sebagian orang menganggap mata sebagai tampilan isi hati. Banyak dari kita yang membaca karakter seseorang dari sorot matanya. Maka sebagai bagian yang penting dalam organ hidup, sepasang mata perlu adanya penjagaan yang ekstra. Pergunakanlah mata untuk hal-hal yang diridhoi Allah SWT dan Rasul-Nya. Dengan kata lain, jika ingin menjadikan sepasang mata kita sebagai mata yang indah dan mempesona, maka jangan pergunakan mata untuk bermaksiat. Pandanglah kebaikan-kebaikan dari orang-orang sekitar, jangan mencari-cari keburukannya. Dalam surat Al Hujurat ayat 12, Allah SWT berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain."

Begitu banyak manusia mulia didera hina hanya karena pandangan mata yang tak terjaga. Yaitu ketika matanya tidak lagi dapat menyebabkan seseorang menjadi bersyukur atas anugerah nikmat, karena dipergunakan secara zhalim. Seorang muslimah yang mampu menjaga pandangannya berarti dia telah menjaga harga diri dan kemaluannya. Rasulullah SAW telah menegaskan dalam sabdanya: "Tundukkan pandangan kalian dan jagalah kemaluan kalian."

3. Cantik Telinganya

Kemudian peliharalah keindahan sepasang telinga kita, wahai saudari muslimku. Cantiknya telinga akan nampak apabila kita jauhkkan dari mendengar musik-musik yang melenakan jiwa, dari mendengar gosip yang mengumbar aib seseorang sehingga merusak hati kita, dari perkataan-perkataan keji dan sesat yang menjengkelkan. Berusahalah menjadi hamba yang pandai bersyukur dengan mengambil manfaat yang baik atas keindahan penciptaan kedua telinga. Pergunakanlah keduanya untuk mendengarkan kalam illahi dan sabda-sabda Rasul-Nya. Sepasang telinga yang cantik dan mempesona adalah yang bisa mengambil manfaat dengan mendengarkan ilmu-ilmu keislaman, sehingga bertambah mantap keimanan dan ketaqwaan

4. Cantik Tangannya

Tangan dengan jemari yang lentik adalah dambaan setiap wanita. Namun bagi muslimah sejati, lentiknya jemari bukan petanda cantiknya tangan. Karena tangan yang baik adalah tangan yang diulurkan untuk membantu dan menolong sesama. Seringnya dipergunakan untuk bersedekah dan berzakat membuat jemarinya semakin lentik di hadapan Sang Pencipta. Kita diberi kedua tangan dengan tujuan, yang satu untuk memenuhi kebutuhan kita sendiri, sedang yang satunya lagi untuk membantu orang lain. Islam pun telah mengajarkan bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Berkaitan dengan hal tersebut, Rasulullah pernah ditanya oleh isteri-isterinya, "Siapakah diantara kami yang pertama kali akan menemui engkau kelak?" Dengan suara bergetar, Rasul SAW menjawab: "Tangan siapa diantara kalian yang paling panjang, dialah yang lebih dahulu akan menemuiku." "Tangan paling panjang" disini maksudnya adalah yang gemar bersedekah kepada fakir miskin.

5. Cantik Kakinya

Tengoklah kaki kita, sudah cantikkah??? Perhatikan betul bahwa kaki yang indah adalah kaki yang diperhatikan untuk mendatangkan keridhaan Allah SWT. Jagalah kedua kaki kita, jangan biarkan keduanya melangkah menuju jalan-jalan maksiat, tempat-tempat yang diharamkan atau pergi ke pintu penguasa yang kafir. Karena hal-hal yang disebutkan itu merupakan kemaksiatan yang besar dan sama halnya dengan merendahkan diri muslimah.

Pantang bagi muslimah sejati menyakiti saudara muslimnya dengan kedua kakinya, karena mereka akan senantiasa mempergunakannya untuk berbakti kepada Allah SWT. Sedang menyakiti saudaranya berarti menyakiti hamba Allah SWT. Justru sebagai hamba yang berbakti, ia akan mempergunakan sepasang kakinya untuk melangkah ke tempat-tempat ibadah dengan mendatangi masjid, forum pengajian dan tempat-tempat menuntut ilmu, untuk menyambung tali silaturrahim, serta  untuk berjihad di jalan Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang kedua telapak kakinya berdebu di jalan Allah SWT, maka haram atas keduanya tersentuh api neraka." Belau juga menerangkan bahwa, "Allah SWT akan menjamin orang yang keluar (berjuang) di jalan-Nya, seraya berfirman: "Sesungguhnya orang yang berangkat keluar ntuk berjihad di jalan-Ku, karena keimanan kepada-Ku dan membenarkan (segala ajaran) para Rasul-Ku, maka ketahuilah bahwa Akulah yang akan menjamin untuknya masuk ke dalam surga."


6. Cantik Segenap Anggota Tubuhnya 

Saudariku tak hanya lima anggota tubuh yang telah disebutkan sebelumnya yang harus nampak cantik, tetapi juga anggota badan yang lainnya. Cantik yang sempurna adalah jika semuanya nampak mempesona. Dan pesona itu akan terwujud jika dipergunakan dalam koridor yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Maka taatilah segala perintah dan jauhi larangan Allah SWT dan Rasul-Nya. Karena ketahuilah bahwa kecantikan muslimah yang sesungguhnya adalah pancaran bayangan yang telah dipantulkan oleh cerminan isi hati dan jiwanya bukan dari wujud fisiknya yang kan memudar oleh masa.

Demikianlah Kecantikan sejati seorang muslimah yang tidak terletak pada keelokan fisik semata, keindahan cara bepakainnya, atau kilauan perhiasan yang meliputi jasadnya. Namun kecantikannya memancar penuh pesona akhlak yang mulia, kepribadian yang bekarakter islami, serta perilaku taat atas dasar cinta kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Berikut ini 10 tips untuk memperoleh kecantikan seorang muslimah sejati:
1.  Basuhlah muka dengan air wudhu sebagai bedaknya yang bercahaya di akhirat
2.  Pakailah perona pipi dengan blush on bermerk "malu karena Allah"
3.  Gunakan zikir untuk membasahi bibir sebagai lipstiknya
4.  Pakailah maskara pelindung mata dari maksiat, bisa ditambahkan dengan kacamata penjaga pandangan
5.  Pasanglah anting muslimah berupa pendengaran yang ma'ruf
6.  Tambahkan tawadhu sebagai gelangnya dan kesucian sebagai kalungnya
7.  jangan luapa pakailah busana cantik berupa hijab sebagai perisai kehormatan.
8.  Pasang sepatu yang membawa kedua kaki ke majelis ilmu
9.  Hiasi jari-jari lentikmu denganperbuatan baik kepada sesama
10. Dan trik jitu terakhir, apabila punya masalah dengan berat badan, cobalah rampingkan tubuhmu dengan cara berbagi makanan kepada orang-orang fakir dan miskin.

Berikhtiarlah wahai saudariku karena "Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaannya sendiri." Dan berdo'alah saudariku,sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Albaqarah ayat 186, "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku memperkenankan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku, sebab itu hendaklah mereka memohon perkenan kepada-Ku dan beriman kepada-Ku supaya mereka memperoleh petunjuk."

Dan akhirnya segala kebaikan datangnya dari Allah SWT yang tak pernah lengah maupun lelah memperhatikan hamba-hamba-Nya yang bersungguh-sungguh meminta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar